Senin, 24 November 2014

CARA MEMBUAT KERIPIK STIK TALAS

Cara membuat keripik stik talas tidak terlalu rumit dan alat alat yang digunakan juga sederhana. Cara membuat keripik stik talas pertama pilih umbi talas yang baik usahakan umbi talas jangan terlalu muda selain karena ukurannya terlalu kecil juga kadar kalsium oksalatnya masih tinggi di talas muda, ini yang membuat rasa gatal pada umbi talas. Cara Membuat keripik Stik Talas.
Umbi talas dikupas dari kulit arinya hingga bersih, kemudian cuci umbi tersebut pada air, usahakan mencucinya berulang kali hingga bersih benar. Lakukan pemotongan pada umbi talas menjadi bentuk stik kecil memanjang ukuran menyesuaikan selera masing masing. Cara Membuat keripik Stik Talas.
Larutkan kapur sirih pada air bersih kemudian rendam irisan talas kedalamnya sekitar setengah jam, setelah itu angkat cuci kembali dengan air bersih dan tiriskan.
Siapkan air yang telah dicampur dengan garam untuk merendam irisan talas. Irisan umbi talas direndam sekitar setengah jam untuk memastikan kandungan kalsium oksalat nya terikat pada rendaman air garam tersebut.
Setelah direndam selama kurang lebih setengah jam kembali lagi proses ke point awal yaitu mencucinya dengan air bersih.
Urutan proses tersebut dilakukan dalam usaha menghasilkan stik talas yang tidak gatal ketika dimakan, proses perendaman pada air garam tersebut membuat senyawa kimia berbahaya pada umbi talas bisa terlepas dari umbinya. Proses pencucian pastikan jangan terlalu cepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara Membuat keripik Stik Talas.
Proses berlanjut dengan pencampuran bumbu, disini talas potongan bisa dicampur dengan bumbu seperti bawang putih atau rempah rempah tambahan lain, penambahan garam dan kaldu penyedap juga bisa dilakukan untuk mendapatkan cita rasa yang lebih lezat. Cara Membuat keripik Stik Talas.
Kemudian siapkan minyak goreng pada wajan, panaskan dan masukkan stik talas yang telah dibumbui tersebut dalam penggorengan. Usahakan dalam proses penggorengan tidak sampai gosong hasilnya. Angkat stik talas yang telah matang dari penggorengan dan tiriskan hingga dingin. Cara Membuat keripik Stik Talas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar